Cara Membuat Air Bioflok Untuk Ternak Lele di Kolam Terpal

Cara Ternak Lele Bioflok di Kolam Terpal Untuk Pemula


Budidaya lele bioflok - lele adalah salah satu jenis ikan air tawar yang memiliki karakteristik kumis panjang yang ada di sekitar mulut, bentuk sedikit datar dan memanjang memiliki tubuh yang licin.

Sekarang banyak orang yang melakukan budidaya lele khususnya di kolam terpal. Ikan lele dapat mengandung gizi cukup tinggi, sumber daya air yang terbatas dengan jumlah benih ikan yang banyak masih dapat dilakukan dan jika Anda merasa pemasaran lele yang cukup tinggi.


kolam terpal


Sekarang banyak orang yang melakukan ternak lele bioflok. Sistem bioflok adalah sistem pemeliharaan ikan oleh pertumbuhan mikroorganisme yang berfungsi untuk mengolah limbah budidaya menjadi gumpalan kecil (flok) yang berfungsi sebagai makanan alami lele. Pertumbuhan mikroorganisme didorong oleh pemberian probiotik dan juga pemasangan Aerator di kolam.

Bioflok sistem efektif dapat meningkatkan produktivitas karena dengan kolam sempit dapat memproduksi lele dengan jumlah lebih banyak, lebih rendah biaya produksi dan waktu relatif singkat dibandingkan dengan konvensional lele pertanian.


Membuat Media Budidaya Lele Kolam Terpal Bioflok


Untuk menghemat biaya pembuatan kolam, Kolam dapat dilakukan dengan menggunakan terpal dengan bambu atau besi bingkai kolam terpal. Ukuran Kolam terpal ikan lele ini dapat disesuaikan ke tanah yang sudah ada. Namun, jika untuk bisnis atau keperluan ibu, disarankan bahwa kolam terpal dibuat besar.

Namun saran saya lebih baik Anda menggunakan kolam terpal bulat karena tekanan air lebih merata yang nantinya juga akan berpengaruh pada pertumbuhan ikan lele.

budidaya lele sangkuriang


Kolam ukuran 1 m3 dalam sistem budidaya ikan lele konvensional hanya dapat menampung sebanyak 100 lele, sementara kolam 1 m3 dalam sistem biofloc dapat mengakomodasi lele sebanyak 1000 Lele.

Kolam terpal ikan lele yang dibuat dengan warna atau atap sehingga kolam tidak terkena langsung sinar matahari dan hujan air.

Anda juga bisa menyiapkan aerator di kolam terpal Anda.

BACA JUGA : Harga Kolam Terpal untuk Ternak Lele Bioflok


Persiapan Air untuk Pembesaran Ternak Lele Bioflok


Setelah selesai kolam, kemudian menyiapkan air untuk membesarkan benih ikan lele. Pada hari pertama kolam terpal diisi dengan air sebagai tinggi sebagai 80 cm - 100 cm. Kemudian pada hari kedua masukkan probiotik (bakteri patogen) sebanyak 5 ml / m3 yang dapat dibeli di toko, contoh probiotik seperti BMW POC.

Pada hari ketiga masukkan Prebiotik (bakteri feed) dalam bentuk molase (tetes tebu) 250 ml / m3, dan pada malam memberikan dolomit sebanyak 150-200 gram / m3 (hanya air diambil).

Setelah itu, membiarkan air di kolam untuk 7 untuk 10 hari untuk mikroorganisme untuk tumbuh dengan baik.


Distribusi Benih Ikan Lele


Benih ikan lele dibudidayakan kualitas benih atau bibit unggul dan sehat. Bibit yang sehat yang ditandai oleh gerakan aktif ikan, seragam ukuran dan warna ikan, organ-organ yang lengkap, dan memiliki bentuk yang proporsional dengan ukuran dari sekitar 4 cm - 7 cm.

ternak lele bioflok


Pengobatan pada Budidaya Lele Bioflok


Setiap 10 hari, diberikan 5 ml / m3 probiotik, 1 sendok makan / m3 ragi, 2 sdt ragi / m3 timah dan memberikan 200-300 gram / m3 dolomit setiap hari (hanya air diambil).

Setelah ukuran ikan lele 12 cm atau lebih, sekali setiap 10 hari memberikan probiotik sebanyak 5 ml / m3, jamur tempe 2-3 sdm / m3, ragi tape telur sebanyak 6-8 / m3 dan memberikan dolomit malam 200-300 gram / m3 (hanya diambil airnya). Perlu diingat, penyediaan tempe ragi dan jamur tape dilarutkan dalam air pertama.


Pakan ikan lele


Makan harus dikelola dengan baik sehingga produksi dapat maksimal. Memberikan kualitas yang baik dari pakan, pakan ukuran disesuaikan dengan lebar dari mulut ikan lele yang membuka. Pakan dapat diberikan dua kali sehari yaitu di pagi dan sore dengan dosis feed sebanyak 80%.

Setiap minggu lele tidak diberi pakan tau dipuasakan. Sebelum diberikan pada lele pakan harus di fermentasi pertama dengan probiotik. Setelah terbentuk makan, flok dapat dikurangi dengan 30%.

Anda ingin budidaya lele di kolam terpal?
Kami adalah produsen kolam terpal terbaik. Hubungi 0812-5931-1689 untuk memesan kolam terpal sesuai dengan kebutuhan Anda.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar